11 Universitas Luar Negeri Ajarkan Bahasa Indonesia, Keren!

Bahasa Indonesia kini berada di peringkat ke-9 sebagai bahasa yang banyak digunakan di dunia.

universitas mengajarkan bahasa indonesia

Ilustrasi. Sumber foto: scandasia.com

Tahu nggak, sih, Sobat, kalau saat ini bahasa Indonesia banyak digunakan oleh masyarakat di belahan dunia. Hal ini bisa kamu lihat atau temui di berbagai universitas ternama di luar negeri. Lho, kok, bisa? Soalnya ternyata banyak universitas di luar negeri yang ajarkan bahasa Indonesia kepada mahasiswanya. 

Ditambah lagi, bahasa Indonesia kini berada di peringkat ke-9 sebagai bahasa yang banyak digunakan di dunia. Bahasa bangsa kita ini bisa dibilang dapat disejajarkan kepopulerannya dengan bahasa Jepang dan Rusia, lho. 

Sobat SJ, masih nggak percaya? Nih, simak, 11 universitas luar negeri yang ajarkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah:

University of Washington, Amerika Serikat

Yang pertama dalam daftar universitas luar negeri yang mengajarkan bahasa Indonesia adalah University of Washington, Amerika Serikat. Jurusan yang mengajarkan bahasa Indonesia ini berada di bawah Department of Asian Languages and Literature.

Di sana mahasiswa diajarkan struktur bahasa Indonesia dasar hingga mahir. Selain itu, mereka juga belajar tentang budaya, sastra, musik hingga isu terkini di Indonesia. 

University of Hawaii at Manoa, Hawaii

Masih dekat dengan Amerika, di University of Hawaii at Manoa, Hawaii juga ada pelajaran bahasa Indonesia. Jurusan tersebut termasuk ke dalam program studi Indo-Pacific Languages and Literatures, College of Arts, Languages & Letters.

Tokyo University for Foreign Studies (TUFS), Jepang

Universitas tertua di Jepang yang memiliki 26 departemen studi bahasa ini juga ajarkan bahasa Indonesia untuk jurusan Southeast Asian Studies. 

Di sana, mahasiswa yang ikut kelas Indonesia akan belajar secara teoritik dan praktik mengenai cara membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia. Selain itu mahasiswa juga dikenalkan dengan sejarah, ekonomi, dan budaya Indonesia.

Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), Korea Selatan

Hankuk University of foreign Studek (HUFS) mengajarkan bahasa Indonesia di 2 departemen yaitu Department of Malay-Indonesian di College of Asian Languages & Cultures dan Department of Malay-Indonesian Interpretation and Translation di College of Interpretation and Translation.

Kedua departemen ini juga menawarkan pembelajaran terkait kompetensi baca-tulis-bicara bahasa Indonesia dengan pembahasan terkait sejarah, budaya, sosial, dan politik di Indonesia.

Hong Bang University, Vietnam

Tahukah kamu kalau sejak tahun 2007, Kota Ho Chi Minh yang ada di Vietnam resmi menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa keduanya? Oleh karena itu banyak kampus di Vietnam yang mengajarkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah, salah satunya di Hong Bang University.

University of Melbourne, Australia

University of Melbourne juga menjadi salah satu universitas luar negeri yang memiliki jurusan bahasa Indonesia. Jurusan bahasa Indonesia berada di Fakultas Seni.

Walau masuk ke dalam fakultas seni, jurusan ini mengajarkan mahasiswanya belajar bahasa Indonesia secara mendalam dan praktis. Sebut saja materi tata bahasa Indonesia dan seni komunikasi dalam bahasa Indonesia. Selain itu mahasiswa juga dikenalkan dengan kehidupan sosial, politik, budaya hingga industri kreatif yang ada di Indonesia. 

Leiden University, Belanda

Di Belanda ternyata juga diajarkan bahasa Indonesia kepada mahasiswanya, tepatnya di Leiden University. Bahasa Indonesia dijadikan sebuah jurusan yang dimiliki oleh South and Southeast Asian Studies untuk jenjang S1 (Bachelor of Arts) dan Southeast Asian Studies untuk jenjang S2 (Master of Arts). 

Taras Shevchenko National University of Kyiv, Ukraina

Di benua Eropa, negara lainnya yang juga mengajarkan bahasa Indonesia ialah Ukraina. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia-Ukraina mempunyai hubungan yang baik. 

Jurusan bahasa Indonesia yang ada di Taras Shevchenko National University of Kyiv bernama Philology Oriental Languages and Literatures Indonesian. Mahasiswa yang mengikuti kelas tersebut akan diajarkan bagaimana berbahasa Indonesia dari tingkat dasar hingga mahir, lalu juga tentang literatur budaya Indonesia.

Università degli Studi di Napoli L’Orientale, Italia

Bahasa Indonesia juga diajarkan di Università degli Studi di Napoli L’Orientale, Italia. Awalnya Bahasa dan Sastra Indonesia di universitas ini dikenalkan oleh Alessandro Bausani yang merupakan seorang guru besar Islamologi dan Bahasa serta Sastra Persia.

Mohammed V University, Maroko

Mata kuliah bahasa Indonesia juga bisa kamu temui di Mohammed V University di Maroko. Bahan mengajar mata kuliah yang punya bobot 4 SKS dengan 4 kali pertemuan dalam satu minggu diajarkan oleh dosen langsung dari Indonesia, loh. 

Al-Azhar University, Mesir

Di deretan terakhir dalam daftar universitas luar negeri yang mengajaran bahasa Indonesia adalah Al-Azhar University di Mesir. Kampus tersebut bahkan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua yang paling banyak digunakan sehari-hari karena mahasiswanya mayoritas berasal dari Asia Tenggara, Sob.

Wah, sepertinya kalau kamu kuliah di salah satu kampus di atas, pasti nggak kesusahan dalam berbahasa, nih. Secara bahasa Indonesia ada di sana, Sob. Berasa ada di kampung halaman, deh, jadinya!

Exit mobile version