Manfaat Kapulaga bagi Ekonomi Indonesia, Cuannya Menggila!

Komoditas rempah yang punya andil di perekonomian Indonesia!

Manfaat Kapulaga

Ilustrasi kapulaga. Foto: unsplash.com/Jaspreet Kalsi.

Pernakah kamu mendengar bumbu dapur benama kapulaga? Jadi, kapulaga merupakan rempah-rempah yang biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan demi menciptakan penambah rasa pada makanan. Tak hanya berguna bagi perasa makanan, manfaat kapulaga juga baik untuk ekonomi Indonesia, loh!

Salah satu kisah budidaya kapulaga dari Indonesia yang menginsipirasi datang dari daerah Pangandaran. Simak cerita mereka lebih lengkapnya di bawah ini, yuk, Sobat!

Tebarkan Budidaya Kapulaga hingga ke Pelosok Negeri

Ngomong-ngomong soal rempah-rempah bernama kapulaga, di daerah Pangandaran terdapat sekelompok orang yang membudidayakan kapulaga. Di tahun 2008 mereka membentuk organisasi Asosiasi Petani Kapulaga Pangandaran yang diketuai oleh Kunkun Herawanto.

Awalnya, Kunkun selaku ketua hanya mengajak warga untuk membudidayakan kapulaga. Akan tetapi, lambat laun semakin banyak warga yang bergabung dan beralih profesi menjadi petani kapulaga.

Bagi masyarakat setempat, kapulaga merupakan komoditas yang dapat membangkitkan perekenomonian. Hal ini terbukti pada saat pandemi Covid-19 di Indonesia, Sob! Harga jual kapulaga tembus Rp360.000 per kg, padahal sebelumnya mereka hanya mampu mencapai Rp140.000 per kg.

Nah, dari sini petani dapat meraup keuntungan yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Kini berkat usahanya terdapat 6.872 rumah tangga petani kapulaga dengan lahan kurang lebih 7.000 hektare.

Selain itu, melalui asosiasi dan badan usaha petani Kunkun bisa mengantarkan kapulaga ke luar negeri. Walaupun jika dilihat dari kuantitasnya mereka memiliki ketersediaan terbatas, namun dirinya selalu berupaya mengembangkan rempah-rempah tersebut.

Kunkun berharap ‘virus’ budidaya kapulaga ini bisa ia tularkan ke beberapa daerah lain, khususnya di wilayah Jawa Barat. Mulai dai Garut, Purwakarta, Kuningan, dan Sukabumi. Selain itu ia juga kerap membagikan 12.000 bibit tanaman kapulaga kepada transmigran di Tanggamus, Lampung, dan Muara Enim, Sumatra Selatan.

“Saya bercita-cita kapulaga menjadi alat pemersatu bangsa karena bisa tumbuh di semua daerah,” harap Kunkun.

Manfaat Tanaman Kapulaga

Selain berpengaruh bagi perekonomian, tanaman bernama latin Elettaria cardamomum ini terbukti kaya akan nutrisi. Nutrisi dalam kapulaga terdiri dari mangan, kalsium, dan kalium.

Karena berlimpahnya nutrisi di dalamnya manfaat kapulaga untuk kesehatan pun juga beragam. Jangan ragu untuk konsumsi rempah-rempah ini karena manfaat kapulaga memang baik, Sobat. Simak, deh, di bawah ini!

1. Mengobati Masalah Pencernaan

via GIPHY

Menurut sebuah penelitian, ekstrak kapulaga yang dicampurkan bahan herbal lainnya bisa memiliki khasiat untuk mengobati masalah pencernaan. Mulai dari asam lambung, mual dan muntah, dan dispepsia.

Di sisi lain, ada yang mengatakan bahwa manfaat tersebut masih percobaan yang dilakukan pada hewan. Maka dari itu diperlukan penelitian kelanjutan untuk mengetahui efektivitas pengaruhnya pada manusia.

2. Mencegah Resiko Penyakit Kronis

via GIPHY

Melansir Healthline via Kompas, kapulaga punya senyawa inflamasi untuk melawan peradangan. Salah satu senyawa yang melimpah di kapulaga adalah antioksidan. Meskipun nggak banyak penelitian tentang kapulaga, tetapi suplemen dari rempah ini bisa meningkatkan antioksidan sampai 90%.

3. Menangkal Penyakit Kanker

via GIPHY

Selain punya senyawa yang bisa mencegah penyakit kronis, kapulaga juga punya senyawa fitokimia alami yang dapat menangkal penyakit kanker, loh. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil kajian oleh peneliti yang menyebut kapulaga memiliki sifat menangkal penyakit kanker.

Hebat banget kan, Sobat! Ternyata tanaman kapulaga nggak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia, tetapi manfaat kapulaga juga berpengaruh pada peningkatan ekonomi Indonesia salah satunya dengan cara budidaya.

Exit mobile version