Inilah Khasiat Daun Stevia Bagi Kesehatan yang Diekspor Ke Korsel

Kandungan manis dari Daun Stevia yang menyehatkan tubuh.

Khasiat Daun Stevia

Khasiat Daun Stevia. Sumber: klikdokter.com

2.000 kilogram dan Stevia baru-baru ini diekspor ke Korea Selatan. Daun stevia sendiri berasal dari Desa Tountimomor, Kakas Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. 

Sebelum di ekspor, daun ini telah dibudidayakan terlebih dahulu di Sulawesi Utara yang kemudian kini telah diekspor ke Korea Selatan. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang daun stevia?

Daun Stevia merupakan salah satu daun yang digunakan sebagai pemanis pengganti gula tebu. Jenis daun ini dipercaya baik untuk kesehatan karena di dalamnya memiliki kalori yang rendah. 

250 hingga 300 kali lipat tingkat kemanisan yang berasal dari senyawa kimia steviol glikosida Daun Stevia lebih tinggi daripada gula murni.

Meskipun daun yang bernama latin stevia rebaudiana memiliki kadar pemanis yang lebih besar dari gula, faktanya daun tersebut tidak menambah kalori sama sekali atas nol kalori. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan Daun Stevia sebagai pengganti gula.

Selain bermanfaat sebagai pengganti gula, Daun Stevia juga memiliki 7 khasiat lain untuk kesehatan tubuh, di antaranya: 

1. Mencegah kanker pankreas

Di dalam Daun Stevia ternyata memiliki kandungan sterol dan antioksidan. Pada kandungan antioksidan juga mengandung zat kaempferol. Menurut sebuah studi kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker pankreas hingga sebesar 23 persen.

2. Membantu stabilkan kolesterol

Sebuah penelitian ada yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi Daun Stevia selama satu bulan secara rutin dapat membantu untuk meningkatkan ada kolesterol baik (HDL). 

Selain dapat meningkatkan kadar HDL, mengonsumsi Daun Stevia juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol total, baik LDL (kolesterol jahat) maupun trigliserida.

3. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu khasiat dari daun yang masuk dalam famili bunga matahari ini ternyata bisa untuk menurunkan berat badan juga, lho. Dikatakan demikian, karena Daun Stevia tidak mengandung kalori sama sekali alias nol kalori. 

Jadi, buat kamu yang takut jika meminum atau makan makanan yang manis akan menimbulkan keinaikan pada berat badan, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena daun ini sangat aman bagi orang yang sedang menjalani diet. 

4. Mencegah obesitas dan kerusakan gigi

Sudah tidak heran lagi jika anak-anak menyukai makanan yang manis dengan gula. Namun, apabila terlalu banyak mengonsumsi gula juga tidak baik bagi anak. Hal ini lantaran dapat menyebabkan obesitas dan kerusakan gigi. 

Oleh karena itu, alangkah baiknya anak-anak mengganti makanan yang mengandung manis gula dengan menggunakan alternatif Daun Stevia.

5. Tidak menyebabkan gigi berlubang

Seperti yang diketahui, manis yang dihasilkan dari Daun Stevia tidak semanis gula pada umumnya. Hal ini menjadikan daun tersebut sangat ramah untuk rongga mulut dan kesehatan ggigi karena tidak menyebabkan gigi berlubang atau karies.

6. Baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes

Menurut sebuah penelitian, Daun Stevia aman untuk dikonsumsi bagi orang yang mengidap penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan gula yang terkandung dalam daun tersebut memiliki nol kalori. Dan jika mengonsumsi daun tersebut juga tidak akan merusak kestabilan gula darah. 

Di sisi lain, ada penelitian lainnya yang juga mengatakan Daun Stevia dapat menurunkan kadar insulin dan glukosa darah. 

7. Menangkal virus dan bakteri

Antioksidan yang terkandung di dalam Daun Stevia ternyata juga memiliki khasiat untuk menangkal virus dan bakteri yang menjadi pemicu penyakit.

 

Exit mobile version