Khansa Syahlaa akan Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus!

Pendaki muda asal Indonesia ini akan kibarkan bendera di HUT ke-77 RI.

Pendaki Muda Khansa Syahlaa

Khansa Syahlaa, pendaki muda Indonesia dalam proses mendaki Puncak Gunung Elbrus, Rusia. Sumber foto: instagram.com/khansa_summiters.

Kabar membanggakan datang menjelang HUT ke-77 Republik Indonesia. Pasalnya, pendaki muda asal Indonesia bernama Khansa Syahlaa akan melakukan misi pentingnya yakni mengibarkan bendera merah putih di Puncak Gunung Elbrus, Rusia. Rencananya, Sang Saka Merah Putih akan dikibarkan tepat di HUT ke-77 RI yakni 17 Agustus 2022. 

Dalam menjalankan misinya, Khansa Syahlaa didukung penuh oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, loh. Khansa diketahui telah berangkat sejak Minggu (7/8) demi mengemban misinya. 

“Persiapan aku sekitar 4 bulan sebelum pendakian. Ini cukup menantang, karena memang ini bakal jadi gunung yang berbeda buat aku. Bakal jadi gunung yang full snow (penuh salju),” jelasnya.

 

Nah, mungkin sebagian dari Sobat masih belum kenal, nih, dengan Khansa Syahlaa. Mari kita simak sejenak tentang pemudi yang satu ini, yuk! Khansa Syahlaa merupakan pendaki muda asal Indonesia, usianya baru menginjak 16 tahun, loh. Walau begitu, ia telah berpengalaman dalam mendaki gunung. Tercatat, sudah 76 gunung di dunia berhasil ia taklukan, 7 di antaranya merupakan puncak tertinggi di Indonesia. 

Perempuan kelahiran Bogor ini mengaku kalau mendaki gunung merupakan hobinnya sejak kecil. Pertemuan pertamanya dengan puncak gunung adalah ketika Khansa mendaki Gunung Rinjani. Ditemani sang ayah, ia saat itu baru berusia 7 tahun.

Melansir laman resmi Kemenparekraf, puncak tertinggi yang berhasil dicapainya pertama kali adalah Cartenz Pyramid pada tahun 2017 lalu. Puncak Cartenz Pyramid sendiri memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Dua tahun kemudian, Khansa kembali menaklukan gunung tertinggi di Afrika, Gunung Kilimanjaro yang memiliki ketinggian 5.895 mdpl.

Adapun beberapa gunung di Indonesia lainnya yang berhasil ditaklukkan oleh Khansa antara lain Gunung Semeru di Jawa Timur, Gunung Kerinci yang berada di Sumatra Barat hingga Gunung Rantemario yang berlokasi di Sulawesi.

Mengenai misinya mengibarkan bendera Indonesia di Gunung Elbrus, Rusia, sampai saat ini ia tengah menjalankan misinya tersebut. Selepas pendakian Gunung Elbrus, nantinya Khansa akan mengikuti program Seven Summit. Dalam program tersebut, Khansa direncanakan mendaki Gunung Aconcagua di Argentina pada tahun 2023.

Sobat, menurut tim Sampaijauh.com, sih, sebuah prestasi anak bangsa itu bisa beragam macam, kok. Asal memberikan nilai positif, ya. Seperti yang dilakukan oleh Khansa, mendaki puncak tertinggi untuk harumkan nama bangsa. Prestasinya nggak kaleng-kaleng, semoga menginspirasi kamu, Sobat!

Exit mobile version