Jaringan 5G Telkomsel Sudah Bisa Digunakan Hari Ini

Perhatikan cara-caranya.

Jaringan 5G Telkomsel./Sumber Foto: majordroid.com

Jaringan 5G Telkomsel./Sumber Foto: majordroid.com

Pengguna kartu Telkomsel, mulai hari ini Kamis (27/5/2021) layanan 5G sudah bisa digunakan. Pada tahap awal, jaringan generasi kelima tersebut bisa dinikmati di berbagai wilayah seperti Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Untuk bisa menggunakan jaringan internet 5G dari Telkomsel, ada yang perlu dipersiapkan, antara lain kartu SIM sudah 4G dan smartphone yang digunakan telah support atau mendukung jaringan generasi kelima.

“Untuk saat ini, jaringan 5G tidak perlu mengganti kartu, asal sudah 4G,” jelas Dirut Telkomsel Setyanto dalam konferensi pers secara virtual.

Kemudian, pastikan pengguna berada di 6 wilayah residensial yang telah ditentukan di tahap pertama tersebut. Telkomsel sendiri sengaja tidak menggelar peluncuran jaringan generasi kelima tersebut secara serentak di Indonesia, karena aspek manfaat dan ekonomi.

“Ekosistem maupun capital expenditure yang kami harus gelar cukup masif sehingga tentu saja kami tidak bisa menggelar langsung ke semua tempat di Indonesia. Karena, toh kalau kami gelar mungkin manfaatnya buat masyarakat masih belum banyak sehingga aspek ekonomiannya belum dapat,” tambahnya.

Keberadaan jaringan generasi kelima dari Telkomsel ini telah mendapat izin operasi atau Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan melakukan uji kelayakan operasional (ULO) pada 19-21 Mei 2021.

Direncanakan, setelah tahap awal jaringan generasi kelima ini akan bisa digelar di beberapa kota besar lainnya di Indonesia seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategi Kominfo. Aturan ini menyebut jika Kominfo akan fokus menggelar jaringan generasi kelima di 13 kota, yakni ibu kota negara, enam ibu kota provinsi di Pulau Jawa, lima destinasi wisata super prioritas, dan satu industri manufaktur.

Exit mobile version