Ancol Ganti Logo dan Nama Setelah 30 Tahun

Melambangkan keceriaan, kegembiraan, dan relaksasi, serta keramahan dan keadilan.

ancol ganti logo

Logo baru Ancol. Foto: headtopics.com

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) sebagai pengelola Taman Impian Jaya Ancol atau yang kini sudah berubah nama menajdi Ancol Taman Impian, resmi berulang tahun yang ke-30 sejak didirikan mulai 10 Juli 1992. Dalam perayaannya yang ke-30, Ancol pun akan ganti logo dan nama dengan yang baru, lho, Sobat.

Pergantian logo dan nama Ancol ini diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Jumat (22/7) di kawasan Pantai Symphony of the Sea, Ancol, Jakarta Utara.

Menurut Wagub Riza, identitas merek yang baru di Ancol melambangkan keceriaan, kegembiraan, dan relaksasi, serta keramahan dan keadilan.

“Dengan adanya brand baru ini sehingga pengalaman berwisata di Ancol akan lebih melekat di hati masyarakat atau pengunjung,” ujar Riza, lewat keterangannya, Sabtu (23/7/2022).

Logo Baru Ancol

Seperti apa sih logo baru Ancol? Sekilas, masih ada huruf A, N, C, O, L namun yang berbeda kini warnanya biru laut. Di abjad A, ada lengkungan dan pada bagian tengah juga ada bentuk seperti bintang laut.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahrir Syahali mengungkapkan arti di balik logo baru tersebut.

“Makna dari Ancol logonya simpel A-N-C-O-L dengan warna biru menunjukkan laut, kemudian A sebagai ikon Ancol, kemudian lengkung adalah gerbang menuju ruang kebahagiaan ruang keceriaan, kemudian ada bintang laut menunjukkan laut,” jelas Sahir.

Namun tak hanya merujuk pada laut. Ternyata logo baru Ancol ini juga punya makna mendalam, lho. Sahir mengatakan pandemi Covid-19 juga turut melatarbelakangi dalam pembuatan logo baru Ancol.

“Ancol bisa lolos setelah mengalami pandemi dahsyat dan mengalami tekanan finansial yang luar biasa,” ujar Sahir.

Lebih lanjut pengelola Ancol Taman Impian itu juga menyebutkan logo baru perusahaan menjadi penanda perusahaan yang bisa bangkit melewati masa pandemi itu akan lebih baik pada masa mendatang.

“Logo ini bukan sekadar logo, makna. Ini suatu milestone history menurut saya hal luar biasa. Kita sudah berhasil lolos dari pandemi, banyak perusahaan rekreasi yang tutup selamanya. Kita wajib bersyukur,” ujarnya.

logo baru dan lama ancol
Logo baru dan logo lama Ancol. Lebih suka yang mana? Foto: rubicnews.com.

Sebelum Ancol ganti logo ke yang baru, logo Ancol terdiri dari beberapa warna seperti abu-abu, merah, biru, kuning, dan hijau. Huruf L dari logo itu menyerupai lumba-lumba yang berwarna biru dan kuning.

Kalau kamu, lebih suka logo Ancol yang lama atau yang baru, Sob?

Exit mobile version