4 Alasan Seragam Pramuka Berwarna Cokelat, Bisa Tebak?

Dianggap sebagai warna perjuangan RI.

Seragam Pramuka Warna Cokelat

Foto ilustrasi seragam pramuka. Sumber foto: detik.com

Kalau ngobrol tentang pramuka, pasti yang Sobat ingat adalah kegiatan Persami atau Jamborenya, tuh. Tapi pernahkah kamu penasaran dengan makna warna dari seragam pramuka? Pasti selalu identik dengan warna cokelat, kan? Kenapa nggak merah, hijau, atau bahkan biru, ya?

Sobat sampaijauh.com penasaran nggak, nih, dengan makna dari penggunaan cokelat pada seragam pramuka Indonesia? Kita simak, yuk!

1. Warna Pakaian Perjuangan Kemerdekaan

Alasan pertama adalah karena warna cokelat dianggap melambangkan pakaian para pejuang ketika memerjuangkan kemerdekaan RI era tahun 1945 hingga 1949.

Dikatakan demikian, konon, dulunya ketika sedang memerjuangkan kemerdekaan RI para pahlawan ini memakai pakaian yang didominasi dengan warna cokelat. Selain itu, warna cokelat pada seragam pramuka juga sebagai tanda agar setiap anggota pramuka tidak mudah melupakan jasa para pejuang kemerdekaan.  

2. Inisiatif Bapak Pramuka

Tahukah kamu siapa Bapak Pramuka Sedunia? Beliau adalah Robert Stephenson Smyth Baden Powell, si pencinta petualangan. Dalam perjalanan petualangannya, ia terkenal sering menemukan medan sulit, salah satunya yang berlumpur. 

Nah, karena lumpur inilah, baju yang ia kenakan jadi berwarna cokelat. Momen tersebut membuat Baden Powell menjadikan pakaian warna cokelat sebagai baju pramuka. Dengan warna cokelat, baju nggak akan mudah kotor ketika seseorang sedang melakukan aktivitas di luar ruangan.

3. Warna Tunas Kelapa

Seperti yang diketahui, tunas kelapa merupakan lambang pramuka. Di sisi lain, tunas kelapa juga erat kaitannya dengan baju pramuka, loh. Tunas diartikan sebagai penerus bangsa, lalu kelapa dilambangkan untuk anggota gerakan pramuka yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani.

4. Lambang Warna Tanah dan Air

Warna cokelat dinilai melambangkan Indonesia. Diketahui, warna cokelat muda merupakan gambaran warna air yang mengalir di seluruh penjuru negeri, sedangkan warna cokelat menggambarkan tanah dari negara kita.

Selain itu, jika melihat secara keseluruhan, baju pramuka yang berwarna cokelat akan dilengkapi dengan dasi merah putih. Arti dari dasi merah putih tersebut adalah putra-putri Indonesia harus selalu siap sedia memertahankan kibaran bendera merah putih Indonesia.

Ternyata banyak makna yang dikandung dari selembar baju pramuka berwarna cokelat, ya. Jika boleh berandai-andai, Sobat kira-kira pengin baju pramuka berwarna apa, nih? Tulis di kolom komentara, ya!

Exit mobile version